Course Outline Matakuliah Pengelolaan Kelas Semester V PAI
MATAKULIAH : Pengelolaan Kelas
BOBOT : 10 SKS
FAKULTAS : Tarbiyah
JURUSAN
: Pendidikan Agama Islam
(PAI)
SEMESTER :
V (A, B, C, D dan E) / Ganjil
T.
AKADEMIK : 2018/2019
DOSEN : Muh Zulkifli, M.Pd.I
INSTITUT AGAMA ISLAM HAMZANWADI NW LOTIM
I.
DESKRIPSI
MATAKULIAH
Pengelolaan kelas merupakan upaya
yang dilakukan guru dalam mengelola anak didiknya dikelas dengan menciptakan atau
mempertahankan suasana kelas yang mendukung program pengajaran. Adapun prosedur
pengelolaan kelas dimaksudkan untuk mengurangi kesempatan kekacauan, keributan,
kebosanan, dan gangguan. Oleh sebab itu, dalam mewujudkan terciptanya proses
belajar-mengajar yang baik dan efektif, maka dapat dikatakan suata hal sebagai
syarat mutlak seorang pendidik atau guru dapat menelola kelas dengan baik.
II.
KOMPETENSI
Dengan mempelajari Pengelolaan
Kelas, diharapkan mahasiswa mampu :
1.
Memiliki pengetahuan tentang
pengelolaan kelas
2.
Memiliki pengetahuan tentang
konsep dasar pemecahan problema pengelolaan kelas
3.
Memiliki keterampilan dalam
menyelenggarakan pengelolaan kelas
III.
STRATEGI
PEMBELAJARAN
Strategi yang digunakan dalam
perkuliahan ini lebih banyak kepada diskusi kelas, yakni mempresentasikan hasil
eksplorasi dan bacaan mahasiswa, baik lewat literatur dan tidak menutup
kemungkinan dari pengalaman mereka yang
diperoleh di lapangan. Strategi yang dimaksudkan antara lain:
1.
Lecturing
2.
Persentasi Hasil Penelitian
3.
Tanya Jawab
4.
Kegiatan lapangan (Riset Mini)
IV.
EVALUASI
PEMBELAJARAN
1.
Tugas Penelitian (UTS) dan
Penyusunan Hasil Penelitian kelompok 40
%
2.
Pertanggung Jawaban Hasil
Penelitian 30 %
3.
Keaktipan dalam perkuliahan 30 %
V.
DAFTAR PUSTAKA
Amrullah, Fahmi, Buku Pintar Bahasa Tubuh Untuk Guru, Yogyakarta
: DIVA Press, 2018.
Arikanto, suharsemi, Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah
Pendekatan Evaluatif, Jakarta: Rajawali, 1986.
Hurlock, Elizabeth B.. Development Psyichology A Life-Span
Approach, Fith Edition McGraw-Hill, Inc, 1980, (diterjemakan Oleh
Istiwadayanti & Soedjarno. Psikologi
Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, edisi Kelima
Erlangga).
Lickona, Thomas, Educating for Character, New York :
Bantam Book, 2008, diterjemakan oleh Lita, S, Pendidikan Karakter Panduan Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Bandung :
Nusa Media, 2013.
Rohani, Ahmad, Pengelolaan Pengajaran, cet. ke-2, Jakarta : Rineka Cipta, 2004.
Rohani, Ahmad & Abu, Ahmadi, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta : Rineka
Cipta, 1995.
Rohmad, Muhammad Ali, Pengelolaan Kelas Bakal Calon Guru Berkelas,
Yogyakarta : Kaukaba, 2015.
Rosydie, Salman, Tuntunan Menjadi Guru Favorit, Yogyakarta
: Flash Books, 2012.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan, Jakarta : Kancana, 2010.
Schunk, Dale H, Learning Theories An Educational Perspective
(Teori-teori pembelajaran: Persepektif Pendidikan), edisi. ke-6, Yogyakarta
: Pustaka Pelajar, 2012.
VI.
TIME LINE
PERKULIAHAN
No.
|
Tanggal
|
Topik-topik
Perkuliahan
|
Keterangan
|
1
|
Pengantar Perkuliahan, Kontrak Belajar dan Pembagian Tugas
|
Lecturing
|
|
2
|
Konsep Operasional Pengelolaan Kelas
|
Lecturing
|
|
3
|
Pendidik dalam Pengelolaan Kelas dan Prinsip-prinsip
Kependidikan.
|
Lecturing
|
|
4
|
Sda
|
Lecturing
|
|
5
|
Punishment dalam
Pengelolaan Kelas
|
Lecturing
|
|
6
|
Administrasi Teknik dalam Pengelolaan Kelas
|
Lecturing
|
|
7
|
Supervisi Kelas
|
Lecturing
|
|
8
|
Penugasan Lapangan
|
UTS
|
|
9
|
Penugasan Lapangan
|
||
Pengumpulan
Hasil Penelitian*
|
Semua Kelompok
|
||
10
|
Pertanggung Jawaban Hasil Penelitian 1
|
Persentasi 1
|
|
11
|
Pertanggung Jawaban Hasil Penelitian 2
|
Persentasi 2
|
|
12
|
Pertanggung Jawaban Hasil
Penelitian 3
|
Persentasi 3
|
|
13
|
Pertanggung Jawaban Hasil
Penelitian 4
|
Persentasi 4
|
|
14
|
Pertanggung Jawaban Hasil
Penelitian 5
|
Persentasi 5
|
|
15
|
Tips Super Menjadi Pendidik Bag. 1
|
Lecturing
|
|
16
|
Tips Super Menjadi Pendidik Bag. 1
|
Lecturing
|
*Bentuk Laporan
Hasil Penelitian sama dengan Penulisan Skripsi
Anjani, 18 Oktober 2018
Dosen,
Muh Zulkifli,
M.Pd.I
NIDN. 2107119001
PENUGASAN
LAPANGAN
No
|
Judul
Penelitan
|
Nama Kelompok
|
1.
|
Upaya Pendidik dalam Menyikapi Problematika Kelas Pada Jam
Terkhir (Studi Kasus di ………………………
………………………………………………………… )
|
|
2.
|
Upaya Pendidik dalam Menyikapi Pesertadidik yang Kurang Minat
Belajar (Studi Kasus di …………………
...………………………………………………………. )
|
|
3.
|
Upaya Pendidik dalam Menyikapi Pesertadidik yang Kurang Percaya
Diri (Studi Kasus di …………………..
...………………………………………………………. )
|
|
4.
|
Upaya Pendidik dalam Menyikapi Pesertadidik yang Suka Bermain di
Kelas (Studi Kasus di ………………..
………………………………………………………… )
|
|
5.
|
Upaya Pendidik dalam Menyikapi Pesertadidik yang Terlambat Masuk
Kelas (Studi Kasus di ………………
………………………………………………………… )
|
Nomor :
Lamp : 1 Lembar
Hal : Izin
Riset/Penelitian
Kepada:
Yth.
Bapak/Ibu Kepala Madrasah
___________________________________
di-
Tempat
Bismillahiwabiahamdihi
Assalamu
‘alaikum Wr.Wb
Salam teriring do’a kami haturkan semoga kami jumpai Bapak/Ibu
tetap dalam keadaan sehat wal’afiat serta dalam lindungan Allah SWT, amin.
Dalam rangka, penyempurnaan materi pada Mata Kuliah Pengelolaan
Kelas, maka kami memohon Bapak/Ibu Kepala Madrasah/Sekolah memberikan izin
kepada Mahasiswa/I kami yang tercantum namanya dalam lampiran, untuk melakukan
Riset/Penelitian.
Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas kerjasamanya kami
haturkan jazakumullahu khairan katsira.
Wallahulmuaffiqu
Walhadi Ilasabilurrasyad
Assalamu
‘alaikum Wr.Wb
Anjani,
…………….. 2018
Mengetahui,
Dekan Fak.
Tarbiyah
Rosly Hadi,
M.Pd.I
|
Dosen Pengampu
Muh.
Zulkifli, M.Pd.I
|
Lampiran :
Judul Riset/Penelitian : _______________________________________________________
_______________________________________________________
_______________________________________________________
NAMA-NAMA
MAHASISWA
No
|
Nama MHS
|
NIMKO
|
Ket
|
Pak ini untuk kop suratnya kita buat kagak ?
ReplyDelete