Course Outline Matakuliah Pengelolaan Kelas Semester V PAI


COURSE OUTLINE MATAKULIAH

MATAKULIAH        : Pengelolaan Kelas
BOBOT                      : 10 SKS
FAKULTAS               : Tarbiyah
JURUSAN                  : Pendidikan Agama Islam (PAI)
SEMESTER                : V (A, B, C, D dan E) / Ganjil
T. AKADEMIK         : 2018/2019
DOSEN                      : Muh Zulkifli, M.Pd.I

INSTITUT AGAMA ISLAM HAMZANWADI NW LOTIM

I.         DESKRIPSI MATAKULIAH 
Pengelolaan kelas merupakan upaya yang dilakukan guru dalam mengelola anak didiknya  dikelas dengan menciptakan atau mempertahankan suasana kelas yang mendukung program pengajaran. Adapun prosedur pengelolaan kelas dimaksudkan untuk mengurangi kesempatan kekacauan, keributan, kebosanan, dan gangguan. Oleh sebab itu, dalam mewujudkan terciptanya proses belajar-mengajar yang baik dan efektif, maka dapat dikatakan suata hal sebagai syarat mutlak seorang pendidik atau guru dapat menelola kelas dengan baik.

II.      KOMPETENSI
Dengan mempelajari Pengelolaan Kelas, diharapkan mahasiswa mampu :
1.      Memiliki pengetahuan tentang pengelolaan kelas
2.      Memiliki pengetahuan tentang konsep dasar pemecahan problema pengelolaan kelas
3.      Memiliki keterampilan dalam menyelenggarakan pengelolaan kelas

III.   STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi yang digunakan dalam perkuliahan ini lebih banyak kepada diskusi kelas, yakni mempresentasikan hasil eksplorasi dan bacaan mahasiswa, baik lewat literatur dan tidak menutup kemungkinan  dari pengalaman mereka yang diperoleh di lapangan. Strategi yang dimaksudkan antara lain:
1.         Lecturing
2.         Persentasi Hasil Penelitian
3.         Tanya Jawab
4.         Kegiatan lapangan (Riset Mini)

IV.   EVALUASI PEMBELAJARAN
1.         Tugas Penelitian (UTS) dan Penyusunan Hasil Penelitian  kelompok 40 %
2.         Pertanggung Jawaban Hasil Penelitian 30 %
3.         Keaktipan dalam perkuliahan 30 %

V.      DAFTAR PUSTAKA
Amrullah, Fahmi, Buku Pintar Bahasa Tubuh Untuk Guru, Yogyakarta : DIVA Press, 2018.

Arikanto, suharsemi, Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif, Jakarta: Rajawali, 1986.

Hurlock, Elizabeth B.. Development Psyichology A Life-Span Approach, Fith Edition McGraw-Hill, Inc, 1980, (diterjemakan Oleh Istiwadayanti & Soedjarno. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, edisi Kelima Erlangga).

Lickona, Thomas, Educating for Character, New York : Bantam Book, 2008, diterjemakan oleh Lita, S, Pendidikan Karakter Panduan Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Bandung : Nusa Media, 2013.

Rohani, Ahmad, Pengelolaan Pengajaran, cet. ke-2, Jakarta : Rineka Cipta, 2004.

Rohani, Ahmad & Abu, Ahmadi, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta : Rineka Cipta, 1995.

Rohmad, Muhammad Ali, Pengelolaan Kelas Bakal Calon Guru Berkelas, Yogyakarta : Kaukaba, 2015.

Rosydie, Salman, Tuntunan Menjadi Guru Favorit, Yogyakarta : Flash Books, 2012.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kancana, 2010.

Schunk, Dale H, Learning Theories An Educational Perspective (Teori-teori pembelajaran: Persepektif Pendidikan), edisi. ke-6, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2012.

VI.   TIME LINE PERKULIAHAN

No.
Tanggal
Topik-topik Perkuliahan
Keterangan
1

Pengantar Perkuliahan, Kontrak Belajar dan Pembagian Tugas
Lecturing
2

Konsep Operasional Pengelolaan Kelas
Lecturing
3

Pendidik dalam Pengelolaan Kelas dan Prinsip-prinsip Kependidikan.
Lecturing
4

Sda
Lecturing
5

Punishment dalam Pengelolaan Kelas
Lecturing
6

Administrasi Teknik dalam Pengelolaan Kelas
Lecturing
7

Supervisi Kelas
Lecturing
8

Penugasan Lapangan
UTS
9

Penugasan Lapangan


Pengumpulan Hasil Penelitian*
Semua Kelompok
10­

Pertanggung Jawaban Hasil Penelitian 1
Persentasi 1
11

Pertanggung Jawaban Hasil Penelitian 2
Persentasi 2
12

Pertanggung Jawaban Hasil Penelitian 3
Persentasi 3
13

Pertanggung Jawaban Hasil Penelitian 4
Persentasi 4
14

Pertanggung Jawaban Hasil Penelitian 5
Persentasi 5
15

Tips Super Menjadi Pendidik Bag. 1
Lecturing
16

Tips Super Menjadi Pendidik Bag. 1
Lecturing
*Bentuk Laporan Hasil Penelitian sama dengan Penulisan Skripsi

Anjani, 18 Oktober 2018
Dosen,


Muh Zulkifli, M.Pd.I
NIDN. 2107119001




PENUGASAN LAPANGAN

No
Judul Penelitan
Nama Kelompok
1.
Upaya Pendidik dalam Menyikapi Problematika Kelas Pada Jam Terkhir (Studi Kasus di ………………………
………………………………………………………… )

2.
Upaya Pendidik dalam Menyikapi Pesertadidik yang Kurang Minat Belajar (Studi Kasus di …………………
...………………………………………………………. )

3.
Upaya Pendidik dalam Menyikapi Pesertadidik yang Kurang Percaya Diri (Studi Kasus di …………………..
...………………………………………………………. )

4.
Upaya Pendidik dalam Menyikapi Pesertadidik yang Suka Bermain di Kelas (Studi Kasus di ………………..
………………………………………………………… )

5.
Upaya Pendidik dalam Menyikapi Pesertadidik yang Terlambat Masuk Kelas (Studi Kasus di ………………
………………………………………………………… )




 ((( Kop Instansi )))
Nomor :
Lamp   : 1 Lembar
Hal      : Izin Riset/Penelitian
                                                                        Kepada:
                                                                        Yth. Bapak/Ibu Kepala Madrasah
                                                                        ___________________________________
                                                                        di-
                                                                                    Tempat
Bismillahiwabiahamdihi
Assalamu ‘alaikum Wr.Wb

Salam teriring do’a kami haturkan semoga kami jumpai Bapak/Ibu tetap dalam keadaan sehat wal’afiat serta dalam lindungan Allah SWT, amin.

Dalam rangka, penyempurnaan materi pada Mata Kuliah Pengelolaan Kelas, maka kami memohon Bapak/Ibu Kepala Madrasah/Sekolah memberikan izin kepada Mahasiswa/I kami yang tercantum namanya dalam lampiran, untuk melakukan Riset/Penelitian.

Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas kerjasamanya kami haturkan jazakumullahu khairan katsira.

Wallahulmuaffiqu Walhadi Ilasabilurrasyad
Assalamu ‘alaikum Wr.Wb
                                                                                                            Anjani, …………….. 2018

Mengetahui,
Dekan Fak. Tarbiyah




Rosly Hadi, M.Pd.I

Dosen Pengampu




Muh. Zulkifli, M.Pd.I




Lampiran :

Judul Riset/Penelitian : _______________________________________________________
                                         _______________________________________________________
                                         _______________________________________________________

NAMA-NAMA MAHASISWA

No
Nama MHS
NIMKO
Ket






















1 comment: