Format RPP Model Inquiry
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN
PENDIDIKAN
|
:
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
KELAS/SEMESTER
|
:
|
MATERI
POKOK
|
:
|
ALOKASI
WAKTU
|
: ....
x …. Menit
|
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI. 1
|
:
|
KI. 2
|
:
|
KI. 3
|
:
|
KI. 4
|
:
|
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
||
1.
|
1.1
|
1.1.1
1.1.2
|
||
2
|
2.1
|
2.1.1
2.1.1
|
||
3
|
3.1
|
3.1.1
3.1.2
3.1.3
|
||
4
|
4.1
|
4.1.1
4.1.2
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN, (Dirumuskan berdasarkan KD, mencakup Sikap,
Pengetahuan dan Keterampilan).
Peretemuan Pertama
Setelah
mengikuti Serangkaian Kegiatan Pembelajaran ............Peserta
Didik dapat :
1.
|
2.
|
3.
|
Pertemuan kedua
Setelah
mengikuti Serangkaian Kegiatan Pembelajaran .......... Peserta
Didik dapat :
1.
|
2.
|
3.
|
Dst …..
( Tulis satu, dua atau tiga nilai sikap Utama yang
hendah secara terencana ditanamkan/ ditumbuhkan melalui Pembelajaran)
D. MATERI PEMBELAJARAN, (Memuat
Fakta, Konsep, Prinsip, dan Prosedur yang Relevan, ditulis dalam bentuk
butir-butir sesuai dengan rumusan IPK).
1
|
Materi Pembelajaran Reguler
|
Keterangan
|
Faktual
:
Konseptual
:
Prosedural
:
|
||
2
|
Materi Pembelajaran Pengayaan
|
|
3
|
Maateri Pembelajaran Remedial
|
|
E. METODE PEMBELAJARAN, (Metode yang digunakan disesuaikan dengan
karakteristik KD)
Pert
|
Pendekatan
|
Model
|
Metode Pembelajaran
|
I
|
scientific
|
Inquiry
|
1.
Ceramah
2.
...
|
II
|
F.
MEDIA PEMBELAJARAN, ( Berupa alat
bantu proses Pembelajaran untuk menyampaikan materi Pembelajaran).
Tulis spesifikasi semua media
pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia,
dsb.).
Pert
|
Media
|
ALAT /BAHAN
|
I
|
||
II
|
G. SUMBER
BELAJAR, (dapat berupa
buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang
relevan).
Pert
|
Buku Paket
|
Sumber lain
|
I
|
||
II
|
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan : Pertama
Kegiatan Pendahuluan
|
Waktu
|
||
1. berdoa
.....
1.
|
… menit
|
||
Kegiatan Inti
|
|||
Tahapan
|
Kegiatan
|
||
Guru
|
Peserta didik
|
… menit
|
|
1. Orientasi Masalah
|
1.
2.
3.
|
||
2. Mengumpulkan Data dan
Verifikasi
|
|||
3. Mengumpulkan Data Melalui
Eksprimen
|
|||
4. Mengorganisasikan dan
Formulasi Eksplanasi
|
|||
5. Analisis Proses Inquiry
|
|||
Kegiatan Penutup
|
… menit
|
||
1.
..
2.
..
3.
..
|
I. PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
Sikap
a. Sikap Spritual (Tulis satu, dua atau tiga sikap Spritual)
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lihat lampiran
|
Saat Pembelajaran berlangsung
|
||
2
|
Penilaian Diri
|
Lihat lampiran
|
Saat pembelajaran usai
|
||
3
|
Penilaian Antarteman
|
Lihat lampiran
|
Saat pembelajaran Usai
|
b. Penilaian Sikap Sosial (Tulis satu, dua atau tiga
sikap soasial)
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lihat lampiran
|
Saat Pembelajaran berlangsung
|
||
2
|
Penilaian Diri
|
Lihat lampiran
|
Saat pembelajaran usai
|
||
3
|
Penilaian Antarteman
|
Lihat lampiran
|
Saat pembelajaran Usai
|
2.
Penilaian
Pengetahuan (KI-3)
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Tertulis
|
||||
2
|
Lisan
|
||||
3
|
Penugasan
|
3. Penilaian Keterampilan (KI-4)
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktek
|
||||
2
|
Produk
|
||||
3
|
Proyek
|
||||
4
|
Portofolio
|
||||
5
|
Teknik lain
|
Mengetahui;
Kepala Madrasah,
................................
|
Boro’ Tumbuh,
……………………
Guru Bidang Studi,
................................
|
0 komentar: