Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
: .................................
Mata Pelajaran : .................................
Kelas/Semester : .................................
Tahun Pelajaran : .................................
A.
Kompetensi
Inti
(KI-1) : ..........................................................................
(KI-2) :
..........................................................................
(KI-3) : ..........................................................................
(KI-4) : ..........................................................................
A.
Kompentensi
Dasar dan Indikator
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapean Kompentensi
|
||
1.
|
1.1.
|
Kosongkan
|
1.1.1.
1.1.2.
|
Kosongkan
|
2.
|
2.1.
|
Kosongkan
|
2.1.1.
2.1.2.
|
Kosongkan
|
3.
|
3.1.
|
Harus Terisi
|
3.1.1.
3.1.2.
3.1.3.
|
Harus Terisi
|
4.
|
4.1.
|
Harus Terisi
|
4.1.1.
4.1.2.
4.1.3.
|
Harus Terisi
|
B.
Tujuan
Pembelajaran (Dirumuskan
berdasarkan KD, mencakup Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan).
Pertemua Pertama
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui tahapan ................ (contoh : inkuiri) : menyajikan fenomena,
observasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data,
menganalisis data, dan menyusun kesimpulan peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan ............................................................................
2.
Mengidentifikasi
....................................................................
3.
Dst.
Pertemua Kedua
Setelah mengikuti serangkaian
pembelajaran .................... Peserta didik dapat :
1.
..................................................
2.
..................................................
3.
Dst.
C.
Materi
Pembelajaran (Memuat Fakta, Konsep, Prinsip, dan Prosedur yang
Relevan, ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan IPK)
1.
|
Materi
Pembelajaran Reguler
|
Keterangan
|
a.
Materi Fakta
.......................................................
.......................................................
b.
Materi Konsep
.......................................................
.......................................................
c.
Materi Prinsip
.......................................................
.......................................................
d.
Materi Prosedur
.......................................................
.......................................................
|
||
2.
|
Materi
Pembelajaran Pengayaan
|
Keterangan
|
............................................................
............................................................
|
||
3.
|
Materi
Pembelajaran Remidial
|
Keterangan
|
............................................................
............................................................
|
D.
Metode
Pembelajaran (yang
digunakan disesuaikan dengan karakteristik KD)
Pertemuan
|
Pendekatan
|
Model
|
Metode Pembelajaran
|
I
|
Secientific
|
Inquiri
|
1.
Studi literatur
2.
Diskusi
3.
Kerja Kelompok
4.
Tugas Proyek
|
II
|
PBMP
|
E.
Media
Pembelajaran (Berupa alat
bantu proses Pembelajaran untuk menyampaikan materi Pembelajaran).
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (vidio/film,
rekaman audio, model, chart, gambar,
realita, dsb).
Pertemua
|
Media
|
Alat/Bahan
|
I
|
a.
LKS
b.
Power Point
c.
Gambar
|
a.
Leptop
b.
LCD
c.
Kertas Plano
|
II
|
............................
............................
|
...............................
...............................
|
F.
Sumber
Belajar (dapat
berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain
yang relevan).
Pertemuan
|
Buku Paket
|
Sumber Lain
|
I
|
a.
Syamsuri, Istamar. 2009. Biologi
untuk SMA Kelas X Semester 1. Jakarta : Erlangga.
|
a.
Sumarwoto, O., 1991. Ekologi dan
Lingkungan Hidup. Jakarta : Penerbit Jembatan.
b.
Bacaan teks tentang .................................
c.
Vidio .......................
.................................
|
II
|
...........................
..........................
|
...................................
...................................
|
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan : Pertama
Kegiatan Pendahuluan
|
Waktu
|
|
1. Guru
memberi salam, selanjutnya menanyakan
kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari
ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam
pembelajaran hari ini?
2. Guru
meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar
meja dan kursi tempat duduknya.
3. Guru
mengecek penyelesaian tugas luar dari LKPD PBMP+Inkuiri yang telah diberikan
sehari sebelum pelajaran dimulai.
4. Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan
materi yang akan dipelajari, dengan pertanyaan “Garis Wallace dan Weber?,
mengapa keanekaragaman hayati di daerah tersebut berbeda satu sama lain?
5. Siswa
diberi kesempatan untuk memberikan ulasan singkat tentang tugas luar dari
LKPD dan mengaitkan dengan bahasan upaya pelestarian kehati (keanekaragaman
hayati) Indonesia secara in-situ dan ex-situ.
6.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai.
7.
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan
dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada
pertemuan ini
|
20 menit /
(menye-suaikan)
|
|
Kegiatan Initi
|
100 menit
|
|
Sintak
|
Langkah/Kegiatan
Pembelajaran
|
|
Tahap 1
Stimulation
|
Mengamati
Peserta didik ..
Guru/Pendidik menilai keaktifan dan keterbukaan peserta
didik dalam mengamati**)
|
|
Tahap 2
Problem Statemant
|
Menanya
Peserta didik ..
Guru/Pendidik menilai keaktifan peserta didik dalam
merumuskan masalah dan membuat hipotesis**)
|
|
Tahap 3
Mengumpul-kan data
(Data Process-ing)
|
Mencoba
1.
Peserta
didik dibagi dalam kelompok (1 kelompok terdiri dari 4-5 orang)
2.
.....
Guru/Pendidik menilai keaktifan, kerjasama, tanggung
jawab, kejujuran, disiplin dan hati-hati pada saat peserta didik melakukan
percobaan
|
|
Tahp 4
Memverifi-kasi data
|
Menalar/mengasosiasi
1.
Peserta
didik berdiskusi dan menjawab pertanyaan - per-tanyan .....
Guru menilai keterampilan mengolah dan menalar*)
|
|
Tahap 5
Generalizati-tion
|
Mengkomunikasikan
1.
...
Guru/Pendidik
menilai sikap peserta didik dalam bekerja sama, terbuka, disiplin dan
bertanggung jawab..**)
Guru mengkofirmasikan hasil diskusi peserta didik.
|
|
Kegiatan Penutup
1.
...........
|
15 menit
|
2. Pertemuan : Kedua
Kegiatan Pendahuluan
|
Waktu
|
|
1.
Berdo’a
|
20 menit /
(menyesuai-kan)
|
|
Kegiatan Initi
|
100 menit
|
|
Sintak
|
Langkah/Kegiatan
Pembelajaran
|
|
Tahap 1
Stimulation
|
Mengamati
Peserta didik ..
Guru/Pendidik menilai keaktifan dan keterbukaan peserta
didik dalam mengamati**)
|
|
Tahap 2
Problem Statemant
|
Menanya
Peserta didik ..
Guru/Pendidik menilai keaktifan peserta didik dalam
merumuskan masalah dan membuat hipotesis**)
|
|
Tahap 3
Mengumpul-kan data
(Data Pro-cessing)
|
Mencoba
1.
Peserta
didik dibagi dalam kelompok (1 kelompok terdiri dari 4-5 orang)
2.
...
Guru/Pendidik menilai keaktifan, kerjasama, tanggung jawab,
kejujuran, disiplin dan hati-hati pada saat peserta didik melakukan percobaan
|
|
Tahp 4
Memverifi-kasi data
|
Menalar/mengasosiasi
1.
Peserta
didik berdiskusi dan menjawab pertanyaan - per-tanyan .....
Guru menilai keterampilan mengolah dan menalar*)
|
|
Tahap 5
Generalizati-tion
|
Mengkomunikasikan
1.
...
Guru/Pendidik
menilai sikap peserta didik dalam bekerja sama, terbuka, disiplin dan
bertanggung jawab..**)
Guru mengkofirmasikan hasil diskusi peserta didik.
|
|
Kegiatan Penutup
1.
...........
|
15 menit
|
H. Penilaian
1.
Teknik Penilaian Sikap
a.
Sikap Spritual (Tulis satu, dua atau tiga teknik sikap
spritual)
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
ket
|
1
|
Observasi
|
Saat pembe-lajaran berla-ngsung
|
|||
2
|
Penilaian Diri
|
Saat pembe-lajaran usai, akhir semester
|
|||
3
|
Penilaian antarteman
|
Saat pembe-lajaran usai, akhir semester
|
b.
Sikap Sosial (Tulis satu, dua, atau tiga teknik sikap
sosial)
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
ket
|
1
|
Observasi
|
Saat pembe-lajaran
berla-ngsung
|
|||
2
|
Penilaian
Diri
|
Saat
pembe-lajaran usai
|
|||
3
|
Penilaian
antarteman
|
Saat
pembe-lajaran usai
|
2.
Penilaian Pengetahuan (KI-3)
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
ket
|
1
|
Tertulis
|
||||
2
|
Lisan
|
||||
3
|
Penugasan
|
3.
Penilaian Keterampilan (KI-4)
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
ket
|
||
1
|
Praktik
|
||||||
2
|
Produk
|
||||||
3
|
Proyek
|
||||||
4
|
Portofolio
|
||||||
5
|
Teknik lain
|
||||||
Kepala Madrasah
( ................................. )
|
...................., ................... 2019
Guru Mapel
( ................................. )
|
||||||
0 komentar: