Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan  : .................................
Mata Pelajaran     : .................................
Kelas/Semester                : .................................
Tahun Pelajaran               : .................................

A.       Kompetensi Inti  
(KI-1)  : ..........................................................................
(KI-2)  : ..........................................................................
(KI-3)  : ..........................................................................
(KI-4)  : ..........................................................................
A.       Kompentensi Dasar dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapean Kompentensi
1.
1.1.

Kosongkan
1.1.1.
1.1.2.
Kosongkan
2.
2.1.

Kosongkan
2.1.1.
2.1.2.
Kosongkan
3.
3.1.

Harus Terisi
3.1.1.
3.1.2.
3.1.3.
Harus Terisi
4.
4.1.
Harus Terisi
4.1.1.
4.1.2.
4.1.3.
Harus Terisi

B.       Tujuan Pembelajaran (Dirumuskan berdasarkan KD, mencakup Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan).

Pertemua Pertama
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui tahapan ................ (contoh : inkuiri) : menyajikan fenomena, observasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyusun kesimpulan peserta didik dapat :
1.    Menjelaskan ............................................................................
2.    Mengidentifikasi ....................................................................
3.    Dst.

Pertemua Kedua
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran .................... Peserta didik dapat :
1.    ..................................................
2.    ..................................................
3.    Dst.
C.       Materi Pembelajaran (Memuat Fakta, Konsep, Prinsip, dan Prosedur yang Relevan, ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan IPK)
1.
Materi Pembelajaran Reguler
Keterangan

a.     Materi Fakta
.......................................................
.......................................................
b.     Materi Konsep
.......................................................
.......................................................
c.     Materi Prinsip
.......................................................
.......................................................
d.     Materi Prosedur
.......................................................
.......................................................

2.
Materi Pembelajaran Pengayaan
Keterangan

............................................................
............................................................

3.
Materi Pembelajaran Remidial
Keterangan

............................................................
............................................................




D.       Metode Pembelajaran (yang digunakan disesuaikan dengan karakteristik KD)
Pertemuan
Pendekatan
Model
Metode Pembelajaran
I
Secientific
Inquiri
1.     Studi literatur
2.     Diskusi
3.     Kerja Kelompok
4.     Tugas Proyek
II
PBMP

E.       Media Pembelajaran (Berupa alat bantu proses Pembelajaran untuk menyampaikan materi Pembelajaran).

Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (vidio/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realita, dsb).
Pertemua
Media
Alat/Bahan
I
a.     LKS
b.     Power Point
c.     Gambar
a.     Leptop
b.     LCD
c.     Kertas Plano
II
............................
............................
...............................
...............................

F.        Sumber Belajar (dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan).
Pertemuan
Buku Paket
Sumber Lain
I
a.     Syamsuri, Istamar. 2009. Biologi untuk SMA Kelas X Semester 1. Jakarta : Erlangga.

a.     Sumarwoto, O., 1991. Ekologi dan Lingkungan Hidup. Jakarta : Penerbit Jembatan.
b.     Bacaan teks tentang .................................
c.     Vidio .......................
.................................
II
...........................
..........................
...................................
...................................

G.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.     Pertemuan : Pertama
Kegiatan Pendahuluan
Waktu
1.       Guru memberi salam, selanjutnya  menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari ini?
2.       Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar meja dan kursi tempat duduknya.
3.       Guru mengecek penyelesaian tugas luar dari LKPD PBMP+Inkuiri yang telah diberikan sehari sebelum pelajaran dimulai.
4.       Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari, dengan pertanyaan “Garis Wallace dan Weber?, mengapa keanekaragaman hayati di daerah tersebut berbeda satu sama lain?
5.       Siswa diberi kesempatan untuk memberikan ulasan singkat tentang tugas luar dari LKPD dan mengaitkan dengan bahasan upaya pelestarian kehati (keanekaragaman hayati) Indonesia secara in-situ dan ex-situ.
6.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai.
7.       Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini
20 menit /
(menye-suaikan)
Kegiatan Initi
100 menit
Sintak
Langkah/Kegiatan Pembelajaran

Tahap 1

Stimulation
Mengamati
Peserta didik ..

Guru/Pendidik menilai keaktifan dan keterbukaan peserta didik dalam mengamati**)

Tahap 2

Problem Statemant
Menanya
Peserta didik ..

Guru/Pendidik menilai keaktifan peserta didik dalam merumuskan masalah dan membuat hipotesis**)

Tahap 3

Mengumpul-kan data
(Data Process-ing)
Mencoba

1.     Peserta didik dibagi dalam kelompok (1 kelompok terdiri dari 4-5 orang)
2.     .....

Guru/Pendidik menilai keaktifan, kerjasama, tanggung jawab, kejujuran, disiplin dan hati-hati pada saat peserta didik melakukan percobaan

Tahp 4

Memverifi-kasi data
Menalar/mengasosiasi
1.     Peserta didik berdiskusi dan menjawab pertanyaan - per-tanyan .....

Guru menilai keterampilan mengolah dan menalar*)

Tahap 5

Generalizati-tion
Mengkomunikasikan
1.     ...

Guru/Pendidik menilai sikap peserta didik dalam bekerja sama, terbuka, disiplin dan bertanggung jawab..**)

Guru mengkofirmasikan hasil diskusi peserta didik.

Kegiatan Penutup
1.       ...........
15 menit

2.     Pertemuan : Kedua
Kegiatan Pendahuluan
Waktu
1.       Berdo’a
20 menit /
(menyesuai-kan)
Kegiatan Initi
100 menit
Sintak
Langkah/Kegiatan Pembelajaran

Tahap 1

Stimulation
Mengamati
Peserta didik ..

Guru/Pendidik menilai keaktifan dan keterbukaan peserta didik dalam mengamati**)
Tahap 2

Problem Statemant
Menanya
Peserta didik ..

Guru/Pendidik menilai keaktifan peserta didik dalam merumuskan masalah dan membuat hipotesis**)

Tahap 3

Mengumpul-kan data
(Data Pro-cessing)
Mencoba

1.     Peserta didik dibagi dalam kelompok (1 kelompok terdiri dari 4-5 orang)
2.     ...

Guru/Pendidik menilai keaktifan, kerjasama, tanggung jawab, kejujuran, disiplin dan hati-hati pada saat peserta didik melakukan percobaan

Tahp 4

Memverifi-kasi data
Menalar/mengasosiasi
1.     Peserta didik berdiskusi dan menjawab pertanyaan - per-tanyan .....

Guru menilai keterampilan mengolah dan menalar*)

Tahap 5

Generalizati-tion
Mengkomunikasikan
1.     ...

Guru/Pendidik menilai sikap peserta didik dalam bekerja sama, terbuka, disiplin dan bertanggung jawab..**)

Guru mengkofirmasikan hasil diskusi peserta didik.

Kegiatan Penutup
1.       ...........
15 menit

H.  Penilaian
1.    Teknik Penilaian Sikap
a.    Sikap Spritual (Tulis satu, dua atau tiga teknik sikap spritual)
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
ket
1
Observasi


Saat pembe-lajaran berla-ngsung

2
Penilaian Diri


Saat pembe-lajaran usai, akhir semester

3
Penilaian antarteman


Saat pembe-lajaran usai, akhir semester



b.    Sikap Sosial (Tulis satu, dua, atau tiga teknik sikap sosial)
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
ket
1
Observasi


Saat pembe-lajaran berla-ngsung

2
Penilaian Diri


Saat pembe-lajaran usai

3
Penilaian antarteman


Saat pembe-lajaran usai


2.         Penilaian Pengetahuan (KI-3)
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
ket
1
Tertulis




2
Lisan




3
Penugasan





3.         Penilaian Keterampilan (KI-4)

No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
ket

1
Praktik





2
Produk





3
Proyek





4
Portofolio





5
Teknik lain





Kepala Madrasah


( ................................. )
...................., ................... 2019
Guru Mapel


( ................................. )



0 komentar: