RPS Mata Kuliah Pengelolaan Kelas

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)

MATAKULIAH        : Pengelolaan Kelas
BOBOT                      : 12 SKS
FAKULTAS               : Tarbiyah
JURUSAN                  : Pendidikan Agama Islam (PAI)
SEMESTER                : V (A, B, C, D, E dan F) / Ganjil
T. AKADEMIK         : 2019/2020
DOSEN                      : Muh Zulkifli, M.Pd.I

INSTITUT AGAMA ISLAM HAMZANWADI NW LOTIM

I.         DESKRIPSI MATAKULIAH 
Pengelolaan kelas merupakan upaya yang dilakukan pendidik/guru dalam mengelola anak didiknya  dikelas dengan menciptakan atau mempertahankan suasana kelas yang mendukung program pengajaran. Adapun prosedur pengelolaan kelas dimaksudkan untuk mengurangi kesempatan kekacauan, keributan, kebosanan, dan gangguan. Oleh sebab itu, dalam mewujudkan terciptanya proses belajar-mengajar yang baik dan efektif, maka dapat dikatakan suata hal sebagai syarat mutlak seorang pendidik/guru untuk dapat menelola kelas dengan baik.
II.      KOMPETENSI
Dengan mempelajari Pengelolaan Kelas, diharapkan mahasiswa mampu :
1.      Memiliki pengetahuan tentang pengelolaan kelas
2.      Memiliki pengetahuan tentang konsep dasar pemecahan problema pengelolaan kelas
3.      Memiliki keterampilan dalam menyelenggarakan pengelolaan kelas
III.   STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi yang digunakan dalam perkuliahan ini lebih banyak kepada diskusi kelas, yakni mempresentasikan hasil eksplorasi dan bacaan mahasiswa, baik lewat literatur dan tidak menutup kemungkinan dari pengalaman mereka yang diperoleh di lapangan. Strategi yang dimaksudkan antara lain:
1.         Lecturing
2.         Persentasi Makalah
3.         Tanya Jawab
4.         Kegiatan lapangan (Penelitian Sederhana)
IV.   EVALUASI PEMBELAJARAN
1.         Absensi (Kehadiran dalam Proses Perkuiahan) 30%
2.         PTS 10% , UAS 15%
3.         Persentasi dan Pembuatan Makalah 15%             
4.         Tugas Akhir Perkuliahan (Penyusunan Hasil Penelitian) 30 %
V.      DAFTAR PUSTAKA
Amrullah, Fahmi, Buku Pintar Bahasa Tubuh Untuk Guru, Yogyakarta : DIVA Press, 2018.

Arikanto, suharsemi, Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif, Jakarta: Rajawali, 1986.

Hurlock, Elizabeth B.. Development Psyichology A Life-Span Approach, Fith Edition McGraw-Hill, Inc, 1980, (diterjemakan Oleh Istiwadayanti & Soedjarno. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, edisi Kelima Erlangga).

Lickona, Thomas, Educating for Character, New York : Bantam Book, 2008, diterjemakan oleh Lita, S, Pendidikan Karakter Panduan Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Bandung : Nusa Media, 2013.
Rohani, Ahmad, Pengelolaan Pengajaran, cet. ke-2, Jakarta : Rineka Cipta, 2004.

Rohani, Ahmad & Abu, Ahmadi, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta : Rineka Cipta, 1995.

Rohmad, Muhammad Ali, Pengelolaan Kelas Bakal Calon Guru Berkelas, Yogyakarta : Kaukaba, 2015.

Rosydie, Salman, Tuntunan Menjadi Guru Favorit, Yogyakarta : Flash Books, 2012.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kancana, 2010.

Schunk, Dale H, Learning Theories An Educational Perspective (Teori-teori pembelajaran: Persepektif Pendidikan), edisi. ke-6, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2012.
VI.   TIME LINE PERKULIAHAN

No.
Tanggal
Topik-topik Perkuliahan
Keterangan
1

Pengantar Perkuliahan, Kontrak Belajar dan Pembagian Tugas
Lecturing
2

Perinsip Belajar dan Keterampilan Mengajar
Lecturing
3

Manajemen Pembelajaran

4

Konsep Dasar Manajemen Pengelolaan Kelas
Diskusi  
5

Aspek Fungsi dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh dalam Manajemen Kelas
Diskusi
6

Komponen-Komponen Keterampilan Mengelola Kelas
Diskusi
7

Pendekatan dalam Pengelolaan Manajemen Kelas
Diskusi
8

Prinsip-Prinsip Manajemen Pengelolaan Kelas
Diskusi
9

PTS
Online
10

Masalah dalam Kelas dan Upaya Pemecahannya
Lecturing
11

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar di Kelas
Lecturing
12

Metode dan Teknik dalam Mengajar
Lecturing
13

Prosedur dan Rancangan Manajemen Pengelolaan Kelas
Lecturing
14

Faktor yang Berpengaruh dalam Penyusunan Rancangan Prosedur Manajemen Kelas
Lecturing
15

Tugas Lapangan
Bimbingan 1
16

Tugas Lapangan
Bimbingan 2
PENGUMPULAN HASIL PENELITIAN (Menyesuaikan Jadwal UAS)

Anjani, 7 September 2019
Dosen,


Muh Zulkifli, M.Pd.I
NIDN. 2107119001



TUGAS MAKALAH
KONSEP DASAR MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS
A.    Teori dan Konsep Dasar Manajemen Pengelolaan Kelas
B.     Kebijakan Konsep Dasar Manajemen Pengelolaan Kelas
C.     Tujuan Manajemen Pengelolaan Kelas
D.    Kegiatan Manajemen Pengelolaan Kelas
E.     Strategi Mengelola Kelas yang Efektif
F.      Fakta dan Permasalahan dalam Manajemen Pengelolaan Kelas
G.    Solusi dari Fakta dan Permasalahan Manajemen Pengelolaan Kelas

ASPEK FUNGSI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM MANAJEMEN KELAS
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Aspek dan Fungsi Manajemen Pengelolaan Kelas
C.     Faktor-faktor yang Mempengaruhi Manajemen Pengelolaan Kelas
D.    Kebijakan tentang Aspek, Fungsi, dan Faktor Manajemen Pengelolaan Kelas
E.     Fakta dan Permasalahan dalam Aspek, Fungsi, dan Faktor Manajemen Kelas
F.      Solusi dari Fakta dan Permasalahan Aspek, Fungsi dan Faktor Manajemen Pengelolaan Kelas

KOMPONEN-KOMPONEN KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS
A.    Definisi Komponen Keterampilan Mengelola Kelas
B.     Komponen-Komponen Keterampilan Mengelola Kelas
C.     Kebijakan tentang Komponen Keterampilan Mengelola Kelas
D.    Fakta dan Permasalahan dalam Komponen Keterampilan Mengelola Kelas
E.     Solusi atas Fakta dan Permasalah Keterampilan Mengelola Kelas

PENDEKATAN DALAM PENGELOLAAN MANAJEMEN KELAS
A.    Pengertian Pendekatan dalam Pengelolaan Manajemen Kelas
B.     Kebijakan tentang Pendekatan Pengelolaan Manajemen Kelas
C.     Sikap Pendidik/Guru dalam Pengelolaan Kelas
D.    Peran Pendidik/Guru dalam Pengelolaan Kelas
E.     Pendekatan dalam Pengelolaan Manajemen Kelas
F.      Fakta dan Permasalahan Pendekatan dalam Pengelolaan Manajemen Kelas
G.    Solusi dari Fakta dan Permasalahan Pendekatan dalam Pengelolaan Manajemen Kelas

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Kebijkan tentang Prinsip-Prinsip Manajemen Pengelolaan Kelas
C.     Fakta dan Permasalahan dalam Prinsip-prinsip Manajemen Pengelolaan Kelas
D.    Solusi atas Fakta dan Permasalahan Prinsip-prinsip Manajemen Pengelolaan Kelas

0 komentar: