RPS Mata Kuliah Pengelolaan Kelas
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)
MATAKULIAH : Pengelolaan Kelas
BOBOT : 12 SKS
FAKULTAS : Tarbiyah
JURUSAN
: Pendidikan Agama Islam
(PAI)
SEMESTER :
V (A, B, C, D, E dan F) / Ganjil
T.
AKADEMIK : 2019/2020
DOSEN : Muh Zulkifli, M.Pd.I
INSTITUT AGAMA ISLAM HAMZANWADI NW LOTIM
I.
DESKRIPSI MATAKULIAH
Pengelolaan kelas merupakan upaya
yang dilakukan pendidik/guru dalam mengelola anak didiknya dikelas dengan menciptakan atau
mempertahankan suasana kelas yang mendukung program pengajaran. Adapun prosedur
pengelolaan kelas dimaksudkan untuk mengurangi kesempatan kekacauan, keributan,
kebosanan, dan gangguan. Oleh sebab itu, dalam mewujudkan terciptanya proses
belajar-mengajar yang baik dan efektif, maka dapat dikatakan suata hal sebagai
syarat mutlak seorang pendidik/guru untuk dapat menelola kelas dengan baik.
II.
KOMPETENSI
Dengan mempelajari Pengelolaan
Kelas, diharapkan mahasiswa mampu :
1.
Memiliki
pengetahuan tentang pengelolaan kelas
2.
Memiliki
pengetahuan tentang konsep dasar pemecahan problema pengelolaan kelas
3.
Memiliki
keterampilan dalam menyelenggarakan pengelolaan kelas
III.
STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi yang digunakan dalam
perkuliahan ini lebih banyak kepada diskusi kelas, yakni mempresentasikan hasil
eksplorasi dan bacaan mahasiswa, baik lewat literatur dan tidak menutup
kemungkinan dari pengalaman mereka yang diperoleh di lapangan. Strategi yang
dimaksudkan antara lain:
1.
Lecturing
2.
Persentasi
Makalah
3.
Tanya
Jawab
4.
Kegiatan
lapangan (Penelitian Sederhana)
IV.
EVALUASI PEMBELAJARAN
1.
Absensi
(Kehadiran dalam Proses Perkuiahan) 30%
2.
PTS
10% , UAS 15%
3.
Persentasi
dan Pembuatan Makalah 15%
4.
Tugas
Akhir Perkuliahan (Penyusunan Hasil Penelitian) 30 %
V.
DAFTAR PUSTAKA
Amrullah, Fahmi,
Buku Pintar Bahasa Tubuh Untuk Guru, Yogyakarta
: DIVA Press, 2018.
Arikanto,
suharsemi, Pengelolaan Kelas dan Siswa
Sebuah Pendekatan Evaluatif, Jakarta: Rajawali, 1986.
Hurlock,
Elizabeth B.. Development Psyichology A
Life-Span Approach, Fith Edition McGraw-Hill, Inc, 1980, (diterjemakan Oleh
Istiwadayanti & Soedjarno. Psikologi
Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, edisi Kelima
Erlangga).
Lickona, Thomas,
Educating for Character, New York :
Bantam Book, 2008, diterjemakan oleh Lita, S, Pendidikan Karakter Panduan Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Bandung :
Nusa Media, 2013.
Rohani, Ahmad, Pengelolaan Pengajaran, cet. ke-2, Jakarta : Rineka Cipta, 2004.
Rohani, Ahmad
& Abu, Ahmadi, Pengelolaan Pengajaran,
Jakarta : Rineka Cipta, 1995.
Rohmad, Muhammad
Ali, Pengelolaan Kelas Bakal Calon Guru
Berkelas, Yogyakarta : Kaukaba, 2015.
Rosydie, Salman,
Tuntunan Menjadi Guru Favorit, Yogyakarta
: Flash Books, 2012.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan, Jakarta : Kancana, 2010.
Schunk, Dale H, Learning Theories An Educational Perspective
(Teori-teori pembelajaran: Persepektif Pendidikan), edisi. ke-6, Yogyakarta
: Pustaka Pelajar, 2012.
VI.
TIME LINE PERKULIAHAN
No.
|
Tanggal
|
Topik-topik
Perkuliahan
|
Keterangan
|
1
|
Pengantar Perkuliahan, Kontrak Belajar dan Pembagian Tugas
|
Lecturing
|
|
2
|
Perinsip Belajar dan Keterampilan Mengajar
|
Lecturing
|
|
3
|
Manajemen Pembelajaran
|
||
4
|
Konsep Dasar Manajemen Pengelolaan Kelas
|
Diskusi
|
|
5
|
Aspek Fungsi dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh dalam
Manajemen Kelas
|
Diskusi
|
|
6
|
Komponen-Komponen Keterampilan
Mengelola Kelas
|
Diskusi
|
|
7
|
Pendekatan dalam Pengelolaan Manajemen Kelas
|
Diskusi
|
|
8
|
Prinsip-Prinsip Manajemen Pengelolaan Kelas
|
Diskusi
|
|
9
|
PTS
|
Online
|
|
10
|
Masalah dalam Kelas dan Upaya Pemecahannya
|
Lecturing
|
|
11
|
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar di Kelas
|
Lecturing
|
|
12
|
Metode dan Teknik dalam Mengajar
|
Lecturing
|
|
13
|
Prosedur dan Rancangan Manajemen Pengelolaan Kelas
|
Lecturing
|
|
14
|
Faktor yang Berpengaruh dalam
Penyusunan Rancangan Prosedur Manajemen Kelas
|
Lecturing
|
|
15
|
Tugas Lapangan
|
Bimbingan
1
|
|
16
|
Tugas Lapangan
|
Bimbingan
2
|
|
PENGUMPULAN
HASIL PENELITIAN (Menyesuaikan Jadwal UAS)
|
Anjani, 7 September 2019
Dosen,
Muh Zulkifli,
M.Pd.I
NIDN. 2107119001
TUGAS MAKALAH
KONSEP DASAR MANAJEMEN PENGELOLAAN
KELAS
A.
Teori dan Konsep Dasar Manajemen
Pengelolaan Kelas
B.
Kebijakan Konsep Dasar Manajemen
Pengelolaan Kelas
C.
Tujuan Manajemen Pengelolaan Kelas
D.
Kegiatan Manajemen Pengelolaan Kelas
E.
Strategi Mengelola Kelas yang
Efektif
F.
Fakta dan Permasalahan dalam
Manajemen Pengelolaan Kelas
G.
Solusi dari Fakta dan Permasalahan
Manajemen Pengelolaan Kelas
ASPEK FUNGSI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG
BERPENGARUH DALAM MANAJEMEN KELAS
A.
Latar Belakang Masalah
B.
Aspek dan Fungsi Manajemen
Pengelolaan Kelas
C.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Manajemen
Pengelolaan Kelas
D.
Kebijakan tentang Aspek, Fungsi, dan
Faktor Manajemen Pengelolaan Kelas
E.
Fakta dan Permasalahan dalam Aspek,
Fungsi, dan Faktor Manajemen Kelas
F.
Solusi dari Fakta dan Permasalahan
Aspek, Fungsi dan Faktor Manajemen Pengelolaan Kelas
KOMPONEN-KOMPONEN
KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS
A. Definisi Komponen Keterampilan
Mengelola Kelas
B. Komponen-Komponen Keterampilan
Mengelola Kelas
C. Kebijakan tentang Komponen
Keterampilan Mengelola Kelas
D. Fakta dan Permasalahan dalam
Komponen Keterampilan Mengelola Kelas
E. Solusi atas Fakta dan Permasalah
Keterampilan Mengelola Kelas
PENDEKATAN DALAM PENGELOLAAN
MANAJEMEN KELAS
A.
Pengertian Pendekatan dalam
Pengelolaan Manajemen Kelas
B.
Kebijakan tentang Pendekatan
Pengelolaan Manajemen Kelas
C.
Sikap Pendidik/Guru dalam
Pengelolaan Kelas
D.
Peran Pendidik/Guru dalam
Pengelolaan Kelas
E.
Pendekatan dalam Pengelolaan
Manajemen Kelas
F.
Fakta dan Permasalahan Pendekatan
dalam Pengelolaan Manajemen Kelas
G.
Solusi dari Fakta dan Permasalahan
Pendekatan dalam Pengelolaan Manajemen Kelas
PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN
PENGELOLAAN KELAS
A. Latar Belakang Masalah
B. Kebijkan tentang Prinsip-Prinsip
Manajemen Pengelolaan Kelas
C. Fakta dan Permasalahan dalam
Prinsip-prinsip Manajemen Pengelolaan Kelas
D. Solusi atas Fakta dan Permasalahan
Prinsip-prinsip Manajemen Pengelolaan Kelas
0 komentar: