Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
(SKL)
Satuan Pendidikan : ............ Kelas/Semester : ...........
Mata Pelajaran
: ............ Tahun Pelajaran :
..........
Dimensi
Sikap
|
Dimensi
Pengetahuan
|
Dimensi
keterampilan
|
|
Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap:
1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan
YME,
2. berkarakter, jujur, dan peduli,
3. bertanggungjawab,
4. pembelajar sejati sepanjang hayat,
dan
5. sehat jasmani dan rohani sesuai
dengan perkem-bangan
anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
|
Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, pro-sedural,
dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana ber-kenaan dengan:
1.
ilmu pengetahuan,
2.
teknologi,
3.
seni, dan
4.
budaya.
Mampu
mengaitkan pe-ngetahuan
di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masy-arakat dan lingkungan alam
sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
|
Memiliki
keterampilan berpikir dan bertindak:
1.
kreatif,
2.
produktif,
3.
kritis,
4.
mandiri,
5.
kolaboratif, dan
6.
komunikatif
melalui
pendekatan ilmiah sebagai pengem-bangan
dari yang
dipelajari di satuan pen-didikan dan sumber lain
secara mandiri
|
|
Istilah
pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif pada
masing-masing satuan pendidikan dijelaskan sebagai berikut :
|
|||
Pengetahuan
Faktual
|
Pengetahuan
teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam
sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
|
||
Pengetahuan
Konseptual
|
Terminologi/istilah
dan klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi dan teori, yang digunakan
terkait dengan Pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
|
||
Pengetahuan
Prosedural
|
Pengetahuan
tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan yang terkait dengan pengetahuan
teknis, spesifik, algoritma, metode tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
|
||
Pengetahuan
Metakognitif
|
Pengetahuan
tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam
mempelajari pengetahuan teknis
dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam
sekitar, bangsa, negara,
dan kawasan regional.
|
||
Mengetahui,
Kepala Madrasah
( ................................. )
|
...................., ................... 2019
Guru Mapel
( ................................. )
|
Lihat Juga bagian Buku Kerja Guru 1 :
1. (klik disini) Halaman Pengesahan
2. (klik disini) Silabus
3. (klik disini) RPP
4. (klik disini) KKM
0 komentar: